Rabu, 23 Januari 2008

Setia Dalam Perkara Kecil

Dalam Injil Lukas 16:10 dikatakan bahwa : "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar."

Banyak pekerjaan dan peran hidup yang menuntut kesetiaan kita. Dan bisa dipastikan, hal-hal besar dimanapun tersusun dari hal-hal yang kecil.

Bagaimana kita bisa setia dalam perkara yang kecil?
Sesuatu yang diakui sangat sulit dilakukan bila kita tidak tahu untuk apa kita mengerjakan sesuatu.
Ambil contoh sederhana, menulis, tentu sebuah pekerjaan yang sederhana atau bisa dibilang kecil dan mudah. Pekerjaan sederhananya adalah menggoreskan pena di kertas atau menekan tuts komputer, menyusun huruf demi huruf, kata demi kata menjadi sebuah kalimat, paragraf, dst. Dan tentu saja kita tidak akan setia melakukan pekerjaan sederhana itu apabila kita tidak tahu untuk apa kita melakukannya. Bayangkan, yang kita lakukan itu menghasilkan sebuah puisi indah yang menyentuh hati setiap orang yang membacanya sehingga banyak orang yang merasa dikuatkan oleh tulisan kita itu.
Tentu kita berharap dapat menghasilkan sesuatu dari apa yang kita kerjakan tersebut, dan lebih-lebih lagi kita tentu berharap pekerjaan sederhana yang kita lakukan itu dapat menjadi bagian dari pekerjaan besar. {...bersambung...}

Tidak ada komentar: